Berita Bola Terkini

Situs Berita Bola Terkini

Wiljan Pluim Ungkap Alasan Tolak Jadi WNI

BolaMilenia.com – Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, menolak untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi. Hal ini disampaikan Pluim dalam wawancaranya bersama Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Pluim sudah lama berkarir di sepak bola Indonesia sejak tiba di PSM pada 2016. Sejak saat itu pula, Pluim tidak berpindah-pindah klub dan tetap setia bersama Juku Eja.

Sudah cukup lama tinggal di Indonesia membuat Pluim sempat berpikir untuk pindah kewarganegaraan. Ia ingin mengikuti rekannya yang juga dari Belanda, Marc Klok.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, Pluim memutuskan untuk tidak mengambil langkah tersebut. Pluim masih ingin menjadi warga negara Belanda.

“Saya memikirkan itu (naturalisasi) dan kami membicarakannya dengan keluarga. Tapi pada akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Belanda.”

“Pastinya karena ada keluarga saya di sana. Kami suka tinggal di Indonesia tapi lebih baik untuk anak dan keluarga saya kembali ke Belanda,” kata Pluim.

Wiljan Pluim Pensiun di PSM Makassar

Pemain berusia 34 tahun itu sudah memutuskan akan pensiun di PSM. Ia baru saja menambah durasi kontraknya bersama PSM selama dua tahun ke depan.

Setelah itu, ia memutuskan untuk pensiun. Pluim juga membeberkan alasannya sangat setia bersama PSM.

“Saya mempunya kontrak dua tahun lagi. Setelah itu berakhir, saya akan berhenti bermain bola.”

“Saya bahagia di PSM karena selama ini saya baik-baik saja di sini. Saya ingin menjaga itu. Tidak ada yang perlu diubah,” kata Pluim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *